7 Fansubs Legendaris Indonesia Versi YaMimpih! - YaMimpih!

Wednesday, September 5, 2018

7 Fansubs Legendaris Indonesia Versi YaMimpih!

Apa sih Fansub itu?

Fansub merupakan kependekan dari Fan Subtitle, yang berarti penggemar subtitle yang biasa melakukan subbing pada suatu video. Subbing itu sendiri adalah mengalihbahasakan suatu tayangan dalam bentuk subtite (teks). Berbeda dengan dubbing yang pengalihan bahasanya dalam bentuk suara.

Pada artikel kali ini, saya mengkhususkan pembahasan pada Fansub anime. Boleh dibilang artikel kali ini hanyalah berisi nostalgia saya saja pada dunia fansub di saat pertama kali saya menginjakkan kaki di dunia tersebut.

Oh iya, sebelum lanjut, Legendaris disini saya maksudkan untuk fansubs sepuh yang saya ketahui dan pernah saya ikuti dan tentunya juga yang melekat di hati #eaaa. Saya sendiri cukup pemilih dalam mengikuti sebuah fansub, jadi jika ada beberapa fansubs yang tidak masuk daftar, berarti itu karena memang belum atau tidak saya ikuti. Langsung saja deh, inilah daftar 7 Fansubs Legendaris Indonesia versi YaMimpih!


7. NSIF

NSIF merupakan kepanjangan dari Naruto Shippuuden Indowebster Fansub. Fansub ini mengkhususkan diri menggarap anime Naruto Shippuuden. Sebelum mengenal fansub ini, dulu saya biasa mengunjungi fansub yang serupa dengan NSIF, hanya saja projeknya tidak cuma naruto, melainkan juga Bleach (bukan fansub narutobleachlover). Saya lupa namanya, tapi fansub itulah yang membawa saya ke NSIF.

Fansub ini sendiri sempat berjaya di masanya. Banyak follower serta membernya, tapi entah kapan dan kenapa fansub ini tiba-tiba lenyap dari peradaban. Sewaktu itu saya sudah lama tidak mengikuti fansub ini karena beralih ke fansub baru yang subtitle-nya sudah lumayan. Alasannya sih karena memang tidak mau ribet download di NSIF, yang notabenenya adalah forum. Nah, beberapa waktu lalu, admin NSIF mengkonfirmasi kebangkitannya kembali dan berencana akan menggarap serial Boruto. Bagi kalian yang ingin melihat blognya, silakan ke nsif.forumid.net.

6. JrrMaster

Kalau di fansub ini dulu saya langganan anime Toaru Majutsu dan Kagaku. Kualitas garapannya oke banget, baik subtitle, typeset ataupun kualitas video. Sebenarnya sih saya ke sana cuma sebagai silent downloader, jadi tidak banyak ikut komentar di blognya. But, I love this fansubs and its Toaru Projects, hehe. 

Oh iya, setelah saya mencoba menelusuri, ternyata fansub ini masih ada, walau sudah tidak aktif sih. Fansub ini ternyata lahir sejak 2010, wah awal SMA saya nih. Saya terbilang cukup terlambat mengenal fansub ini, karena memang cuma sedikit yang saya ambil projek di situ. Bagi kalian yang ingin melihat blognya, silakan ke jrrmaster.wordpress.com.

5. Kazesubs

Kazesubs termasuk salah satu fansubs yang cukup tua. Kalau perkiraan saya sih fansubs ini seumuran dengan Moesubs, Lulusubs, JrrMaster, atau bahkan Se~no, dan Aleki. Projek yang digarap fansub ini cukup banyak yang keren, lho. Sayangnya blog fansub ini sudah wafat, tidak ada jejak lagi. Sehingga cukup sulit untuk melihat projek lengkapnya.

Garapan subtitle fansub ini cukup bagus, yang masih aku ingat, dulu aku berlangganan junketsu maria di sana. Oh iya, fansub ini merupakan salah satu fansub di antara para angkatannya yang berani buat blog sampingan berkonten H+. Waktu itu memang sudah ada sih beberapa fansub yang garap begituan, cuma ya gitulah, kualitasnya asal-asalan. Setidaknya di kaze-h dulu kualitasnya bisa lebih layak dikonsumsi. Wah bahaya nih bahasannya, lanjut ke yang berikutnya saja, deh!

4. Pucuksubs

Pucuksubs ini kalau tidak salah adalah perubahan dari salah satu fansubs (lupa namanya). Project yang digarapnya cukup beragam. Ada gundam, magi, shokugeki no souma, campione, dan banyak lagi yang tak bisa saya sebutkan (karena lupa). Kalian bisa mengunjungi blognya di pucuk.xyz.

Fansub ini merupakan salah satu tempat langganan saya download anime. Saya sendiri suka dengan subtitle dan typeset-nya. Kalau tidak salah dulu saya juga sempat mendaftar sebagai translator di fansub ini. Saya dapat project kabaneri. Itu adalah kali pertamanya saya ngesub ama orang lain. Kesan saya sebenarnya kurang begitu bagus sewaktu menjadi staff, karena waktu itu kurang begitu terorganisir, dan sebagai pemula yang ngesub bareng orang lain, saya pun bingung harus ngapain karena memang dilepas begitu saja waktu itu. Saya tidak dikasih tahu cara ini-itunya, bahkan saya sempat coba berhenti setor tapi malah tidak ada respon. Jadi saya memutuskan untuk keluar, tanpa pamit karena sempat merasa terlantar waktu itu. But, I don't hate this fansub. Sampai saat ini pun, saya masih mengikuti projek garapan fansub ini. Ganbatte, ya pucuksubs!

3. Lulusubs

Nah, kalau fansub ini terbilang cukup unik guys. Semboyannya dulu Lulu no Mecha, Lulu no Ecchi, dll. Projek fansub ini banyak sekali yang keren, oleh karena itu aku cukup banyak nyedot anime dari fansub ini. Selain projeknya yang keren, garapan projeknya juga mantap! Subtitle, typeset, dan kualitas videonya benar-benar layak dikonsumsi.

Projek dari fansub ini yang saya ikuti pun cukup banyak, seperti, Gundam, Shingeki no Kyojin, RWBY, Guilty Crown, dll. Sayangnya fansub ini harus tutup usia, entah karena apa (kemungkinan besar sih masalah real life). Bagi kalian yang ingin melihat blognya, silakan ke lulunomecha.wordpress.com. Farewell, Lulu. thanks for your great job you had done!

2. AntiFansub

Fansub ini kalau tidak salah adalah perubahan dari salah satu fansub yang ngegarap soul eater, duh lupa namanya. Fansub yang terdahulu cukup usang dan garapannya pun kurang begitu menarik setahu saya, dan sepertinya AntiFansub ini diciptakan untuk mengatasi beberapa hal tersebut. Kualitas subtitle, typeset, dan video mulai meningkat di AntiFansub ini.

Waktu itu adalah kali pertama saya download versi 720p, dan nyatanya saya sangat puas! Kualitas yang lebih bening benar-benar menggoda saya. Sayangnya dulu penyimpanan PC saya masih 250gb, jadi download kualitas 720p berukuran 150mb-200mb itu masih terlalu berat untuk saya. Projek garapan fansub ini banyak yang saya ikuti, seperti Kill la Kill, HxH, Haikyuu!!, dan banyak lagi lainnya. Bagi kalian yang ingin melihat blognya, silakan ke antifs.blog.fc2.com.

1. Moesubs

Wah, kalau ini mungkin sudah tidak perlu panjang lebar ya, karena pasti sudah tahu semua. Fansub ini merupakan fansub veteran yang sudah cukup lama terjun di dunia subbing-menyubbing. Dari sekian banyak fansub veteran, fansub ini adalah yang satu-satunya masih hidup hingga sekarang. Yey!

Projek fansub ini banyak sekali, dan hampir semua projeknya aku ikutin. Tak perlu disebutin satu-satu deh ya, kalian langsung cek saja blog fansubnya di moesubs.com. Garapannya jangan ditanya, deh. Awesome pokoknya! Subtitlenya luwes, fleksibel, tidak kaku, jadi enak dikonsumsi. Typeset dan kualitas videonya juga mantap! Great job moesubs, and keep going!

Itulah 7 fansubs legendaris di Indonesia versi YaMimpih!
Sebenarnya masih banyak lagi fansubs legendaris di Indonesia, untuk lanjutannya mungkin akan saya buatkan part 2. Jangan lupa berikan tanggapan kalian, ya!

Share with your friends

Give us your opinion